Trik dan Tips Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

HP Android Yang Lemot

Perangkat Android yang lambat pasti memengaruhi kinerja Anda. Apalagi jika Anda sering menggunakan ponsel Android ini untuk berbagai keperluan pekerjaan. Padahal, penyebab perlambatan ini disebabkan beberapa faktor. Sebagian besar waktu, memori internal penuh. Selain itu, RAM yang penuh juga bisa menjadi penyebab Android lemot. Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu coba untuk mengatasi HP Android lemot.

Pertama, Anda tidak perlu membawa ponsel Anda ke pusat layanan. Dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat melakukan pertolongan pertama. Ikuti secara bertahap agar Anda dapat menentukan apa yang menyebabkan masalah berjalan lambat di ponsel Android Anda. Mulai dari meminimalkan widget hingga menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Berikut beberapa tips dan trik sederhana yang bisa Anda coba atasi saat ponsel Android Anda berjalan lambat.

Tips Atasi HP Android yang Lemot

Kurangi penggunaan widget

Widget benar-benar memiliki fungsi untuk mempercantik tampilan home screen Android Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan widget ini sebagai jalan pintas dalam membuka aplikasi. Namun, terlalu banyak widget akan meningkatkan konsumsi RAM dan memperlambat Android. Kurangi penggunaan widget untuk mempercepat kinerja smartphone Anda.

Hentikan aplikasi yang tidak terpakai

Menginstal terlalu banyak aplikasi akan memenuhi memori penyimpanan dan RAM. Ini akan memperlambat kinerja ponsel. Hapus aplikasi yang tidak terpakai untuk membebaskan memori internal. Efeknya, smartphone menjadi lebih cepat tanpa melambat.

Update software

Jika Anda menerima pemberitahuan pembaruan perangkat lunak, Anda harus segera memperbarui perangkat lunak. Hal ini agar perangkat mobile tidak mengalami kinerja lambat. Hal ini dikarenakan software lama akan membuat kinerjanya tidak seimbang dengan fitur-fitur baru yang ada. Oleh karena itu, Anda harus rajin memperbarui perangkat lunak untuk meningkatkan kinerja ponsel Anda. Masuk ke menu pengaturan, lalu pilih tentang dan pembaruan sistem. Kemudian pilih menu check for updates.

Gunakan aplikasi serbaguna

Aplikasi serbaguna berfungsi untuk membuat memori internal bekerja lebih efisien dan tidak cepat penuh. Jika perangkat Android Anda sudah di-root, gunakan aplikasi Apps2SD. Dalam satu aplikasi, Anda bisa mendapatkan fungsi partisi kartu SD, menautkan aplikasi ke kartu memori, mencadangkan aplikasi dengan mudah. Anda juga bisa mendapatkan banyak fungsi yang sama di aplikasi Clean Master.

Perhatikan jumlah memori

Besarnya memori internal juga berpengaruh besar terhadap performa smartphone Anda. Jika kapasitas memori internal rendah, hindari menyimpan data ke memori internal. Jika Anda sering menyimpan banyak di memori, sebaiknya gunakan memori eksternal untuk memaksimalkan penyimpanan data tanpa membuat penuh penyimpanan pada smartphone Anda.

Demikian ulasan lengkapnya untuk anda tentang tips dan trik untuk mengatasi smartphone android yang lambat dan berat. Anda dapat mencoba tips dan trik yang telah diulas diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Posts