Tips Pertolongan Pertama Pada Ponsel Yang Terkena Air

Tips Pertolongan Pertama Pada Ponsel Yang Terkena Air

Pada dasarnya smartphone sama seperti benda elektronik lain yang tidak tahan terhadap air. konsleting merupakan hal yang umumnya terjadi jika tanpa sengaja ponsel terkena air. Padahal tidak semua perangkat smartphone dilindungi oleh fitur tahan air. Maka dari itu diperlukan pertolongan pertama yang tepat ketika ponsel terkena air. dengan pertolongan yang tepat, risiko konsleting dan rusaknya perangkat karena paparan air akan diminimalisir. Dengan pertolongan pertama yang tepat, ponsel anda nantinya akan kembali normal seperti semula.

Pada dasarnya pertolongan pertama pada ponsel demikian adalah mengeringkan perangkat smartphone seperti sediakala. Jangan sampai percikan air mengenai chip atau bagian yang mengalirkan arus daya. Hal inilah yang memicu kerusakan pada perangkat smartphone. Banyak orang yang akhirnya mengalami ponsel rusak karena pertolongan pertama terkena air yang salah. Berikut ini tips selengkapnya untuk mengatasi ponsel yang terkena air dengan cara yang mudah.

Pertolongan Pertama Pada Ponsel Yang Terkena Air

Jangan menekan tombol apapun

Biasanya ketika smartphone terkena air atau jatuh ke kubangan, kita akan langsung panik dengan menekan-nekan tombol power untuk memastikan bahwa ponsel tidak mengalami kerusakan. Padahal langkah tersebut akan membuat smartphone menjadi berpeluang rusak. Jika ponsel tidak sengaja terkena air, segera jauhkan perangkat dari air dan jangan menekan tombol apapun agar tidak terjadi konsleting.

Lepaskan SIM card, baterai, microSD

Kemudian lepaskan komponen seperti SIM card, baterai serta MicroSD. Jika baterai smartphone adalah jenis tanam maka cukup lepaskan SIM dan microSD saja. Dengan melepaskan komponen tersebut, kemungkinan terjadi kerusakan lebih parah bisa ditekankan. Kemudian keringkan perangkat tersebut agar chipnya tidak mengalami kerusakan.

Keringkan ponsel dengan kain bersih

Gunakan kain bersih yang teksturnya menyerap air secara baik. Keringkan ponsel dan perangkat yang terlepas secara pelan-pelan. Anda bisa menggunakan kanebo agar penyerapan airnya lebih maksimal. Keringkan setiap komponen sampai benar-benar tidak terdapat air. Anda bisa menggunakan vacum cleaner untuk mempercepat proses pengeringan.

Rendam kedalam beras

Anda juga bisa merendam smartphone kedalam beras. Beras memiliki kemampuan menyerap air secara maksimal. Jika membersihkan dengan vacum atau kain lap belum maksimal keringnya, cobalah masukan perangkat ke gundukan beras. Diamkan beberapa saat sampai benar-benar kering. Kemudian bersihkan dengan kain yang kering dan tentunya bersih.

Pasang kembali dan hidupkan smartphone

Jika dirasa sudah kering maka pasang semua komponen kembali dan coba hidupkan smartphone. Jika smartphone berfungsi seperti semula maka tidak perlu membawanya ke service center. Namun jangan panik dulu jika smartphone tidak mau menyala. Cobalah charge perangkat tersebut dan hidupkan kembali.

Demikian beberapa trik pertolongan pertama untuk smartphone yang terkena air. Semoga bermanfaat dan membantu anda.

Related Posts